Peminjam.com
Layanan keuangan agaknya mulai bergeser ke arah Digital, mengikuti perubahan dan perkembangan jaman. Telah kita lihat layanan finansial dan perbankan mulai bergeser dan sedikit banyak mulai mempengaruhi kebutuhan dan efesiensi masyarakat luas akan bantuan permodalan yang memadai di era digital.

Peluang Usaha Tambal Ban Tubles

0 312

Usaha tambal ban tubles sudah tidak asing lagi dan sangat familiar di lingkungan kita. Biasanya terdapat banyak di pinggir jalan raya. Kebanyakan dari masyarakat menganggap sepele usaha ini dan dianggap tidak menjajikan.

Namun pada kenyataannya, modal buka usaha tambal ban motor dan mobil susah didapatkan tapi bisnis ini menjanjikan keuntungan yang besar. Itu sebabnya banyak yang mencoba peruntungan  pada usaha tambal ban tubles karena menjajikan.

Analisa Tambal Ban Tubles

Ditambah lagi kenyataan saat ini jumlah kendaraan terutama sepeda motor yang hampir dimiliki oleh hampir setiap orang sehingga kebutuhan akan jasa tambal ban semakin meningkat. Itu sebabnya usaha ini sangat menjanjikan dan dapat memberi keuntungan yang besar.

Peluang Usaha Tambal Ban Tubles
sumber : youtube.com

Rincian modal peralatan untuk usaha tambal ban

Biaya investasi

No. Jenis biaya Harga
1. Mesin kompresor Rp. 2.800.000
2. Alat press ban Rp. 1.100.000
3. Alat tambal ban Rp.     600.000
4. Kunci-kunci Rp.     500.000
Total Rp. 5.000.000

Biaya operasional

No. Jenis biaya Harga
1. Sewa lokasi usaha/bulan Rp    600.000
2. Perlengkapan usaha Rp    700.000
3. Upah tenaga kerja/bulan Rp    800.000
4. Biaya listrik Rp    500.000
5. Biaya tak terduga Rp    300.000
Total Rp 2.900.000

Pendapatan per bulan

Misalkan atau kita asumsikan bahwa usaha usaha tambal ban nitrogen dalam waktu satu bulan menghasilkan pendapatan sebesar = Rp. 8.000.000, dari pendapatan perhari sekitar 250-300 ribu tergantung dari banyaknya kendaraan yang mengalami kebocoran.

Jasa tambal ban ini searah dengan usaha vulkanisir ban, yang permintaannya terus meninggkat seiring dengan penjualan kendaraan yang mencapai 800rb kendaraan baru pertahun.

Perkiraan Keuntungan

Cara menghitung keuntungan/laba yaitu:

Laba = Total pendapatan – Total biaya

= Rp. 8.000.000 – Rp. 2.900.000 = Rp. 5.100.000

Recomended
1 of 7

Jika kita lihat usaha ini pada modal awal membutuhkan modal sebesar Rp. 5.000.000 dan keuntungan yang didapatkan perbulan bisa mencapai Rp. 5.100.000.

Jadi bisa dikatakan usaha ini dalam 1 bulan saja sudah bisa mengembalikan modal awal.

Sehingga bisa dikatakan usaha ini peluangnya sangat bagus, jika di daerah yang akan Anda buka belum ada pesaingnya.

Bisnis bukan tentang ide dan planing semata. Ini tentang kegigihan meraih kesuksesan. Click To Tweet

Analisis SWOT

  1. Strength (kekuatan) : Permintaan akan jasa tambal ban tinggi dikarenakan semakin tinggi pula jumlah kendaraan bermotor.
  2. Weakness (kelemahan): Tempat usaha memerlukan tempat yang cukup luas, perlengkapan harus lengkap dan memerlukan tenaga ekstra ketika melayani ban mobil.
  3. Opportunity (peluang): Semakin tingginya pemakaian kendaraan bermotor hampir pada setiap individu menyebabkan kebutuhan akan jasa tambal ban tubles semakin meningkat.
  4. Threats (ancaman): Persaingan semakin ketat hampir di setiap pinggir jalan dapat ditemukan jasa tambal ban tubles.

Baca juga :

Peluang Bisnis Jasa Rental Mobil Peluang Bisnis Pencucian Motor
Peluang Bisnis Penyewaan Alat Pesta Tips Usaha Ojek Online

Persiapan awal dan cara untuk menghemat modal usaha

  1. Prospek usaha

Langkah awal memulai usaha tambal ban tubles ialah dengan melihat prospek dan potensi usaha tambal ban tubles di wilayah anda.

Berapa banyak usaha, harga, jenis, serta pelayanan materi tambal ban di wilayah anda. Setelah dirasa berpeluang, anda dapat membuka usaha tersebut.

  1. Memiliki jasa tenaga kerja yang mumpuni di bidangnya

Jika sebagian dari kita memiliki keahlian dibidang otomotif khususnya tambal ban, kita dapat menggunakan jasa kita sendiri dalam menjalankan usaha tambal ban tersebut.

Namun jika dirasa usaha jasa alat tambal ban tersebut dibuka dalam skala yang lebih besar, kita dapat memperkerjakan tenaga kerja yang ahli dibidang tersebut.

Jika Anda bisa menangani sendiri maka bisa menghemat modal untuk menggaji karyawan.

  1. Lokasi usaha

Lokasi usaha tambal ban tubles sebaiknya di pinggir jalan raya agar mudah untuk dilihat dan dijangkau oleh kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya.

Untuk menghemat modal awal, ketika mencari tempat untuk usaha ini, Anda juga harus bisa menawar atau mencari tempat yang tepat agar modal tidak membengkak.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More